Kecamatan Muara Komam Cetak Jurnalis Kecamatan dan Desa

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser, pada Kamis (22/8), menggelar pelatihan Media Center, yang diikuti aparatur desa, pendamping desa, dan kepala desa serta perwakilan dari Puskesmas dan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak jurnalis atau pejuang informasi di tingkat desa dan kecamatan.

Pembukaan pelatihan dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan seperti Danramil Muara Komam Kapten Sartono dan perwakilan Kapolsek Muara Komam.

Dalam kegiatan ini, panitia menghadirkan narsumber dari Media Center pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser. Diantaran Kasi Media Publik Ropi’I, Hutja Prasetya, dan Asmaul Husna.

Camat Muara Komam Abdul Rasyid mengatakan, pelatihan Media Center tersebut bertujuan sebagai peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik di kecamatan, maupun di desa yang ada di kecamatan itu.

Menurutnya, di era informasi saat ini, publikasi untuk setiap program dan pekerjaan yang sudah dilakukan, penting agar dapat diketahui masyarakat.

“Bukan pencitraan. Tapi, perlu jika kita sudah bekerja, perlu dipublikasikan,” kata Rasyid.

Oleh karena itu lanjut ia, SDM di kecamatan dan di desa perlu ditingkatkan dan diberikan wawasan terutama dalam penulisan berita.

Jika setiap aparatur desa dapat menulis dan mempublikasikan tulisannya, maka semua potensi yang ada di setiap desa, dan program serta apa yang sudah dikerjakan Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan, dapat diketahui masyarakat.

Sementara narsumber dari DKISP Paser, Ropi’I menyampaikan fungsi dan peran media center. Narasumber Hutja Prasetya menyampaikan metode singkat pengumpulan informasi melalui wawancara dan penulisan berita. Sedangkan Asmaul Husna menyampaikan materi pembuatan foto jurnalistik dan pembuatan caption.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung cukup singkat, hanya 1 hari. Peserta yang berjumlah 15 orang ini mengikuti pelatihan dasar pengumpulan informasi melalui metode wawancara door stop atau wawancara cegat.
Pada metode wawancara itu narsumber Camat Muara Komam, Ketua PKK Muara Komam, Danramil Muara Komam, dan Kepala KUA serta Pimpinan Puskesmas Muara Komam. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *