BALIKPAPAN – Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas  I Balikpapan bekerjasama dengan PT. Pelindo IV cabang Balikpapan dan 11 mitra pelabuhan membagikan sebanyak 302 alat keselamatan berupa life jaket kepada motoris speed boat yang beroperasi di sekitar kawasan Pelabuhan Semayang.

Life jaket ini diberikan langsung oleh Wali Kota balikpapan Rizal Effendi , didampingi General Manager PT Pelindo IV cabang Balikpapan Iwan Sjarifuddin dan Kabid Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Balikpapan Alex Allokendek kepada 12 perwakilan motoris spead boat.
Bantuan ini merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) dari 12 perusahan dan mitra  yang beroperasi di kawasan Pelabuhan Semayang sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan berlayar bagi para motoris speed boat.

Pasalnya, selama ini kesadaran motoris spead boat menggunakan alat keselamatan dalam berlayar sangat kurang. Sehingga dengan pembagian alat keselamatan ini motoris diharapkan dalam menjadikan keselamatan dalam berlayar sebagai hal yang utama.

Dalam kesempatan itu, KSOP juga menyerahkan sertifikat kapal dibawah GT7 kepada pemilik speed boat dan surat keterangan kecakapan kepada motoris dan nelayan.

GM PT Pelindo IV cabang Balikpapan Iwan Sjarifuddin mengatakan, kegiatan utamanya sebagai bentuk sosialisasi kepada para motoris bagimana pelayanan yang diberikan terutama keselamatan sebagai hal yang utama.

Sementara Kabid Keselamatan Berlayar KSOP Kelas 1 Balikpapan Alex Allokendek mengatakan, selain pemberian alat keselamatan dan sertifikat kapal dibawah GT kepada pemilik speed boat dan surat keterangan kecakapan kepada motoris dan nelayan, juga untuk SKK tahun ini akan diserahkan kepada 600 orang.

Dia berharap seluruh motoris dan nelayan di balikpapan seluruhnya bisa memiliki surat keterangan kecakapan, sehingga pelayaran yang dilakukanya bisa berlangsung aman. (mh/gk)