Bupati Penajam : HGU ITCI Milik Hashim

PENAJAM, Gerbangkaltim.com – Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Masud menegaskan Prabowo Subiyato tidak memiliki konsesi lahan di rencana calon ibu kota negara (IKN). Namun ia tidak membantah jika adik Prabowo, Hasyim Djoyohadikusumo memiliki konsesi lahan direncana lokasi IKN tersebut.

Pemerintah menyatakan dalam pembanguan IKN, yang masuk di kawasan Kecamatan Sepaku Kabupaten PPU dan Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara memerlukan luasan lahan 40.000 hektare.

Untuk wilayah PPU, sebagian lahan yang akan dibangun ini masuk dalam konsensi hak pengusahaan hutan PT ITCI Kartika Utama (ITCI KU) Arsari Group milik Hasyim.

Perusahaan ini beroperasi di perbatasan kelurahan Riko Kecamatan Penajam hingga Kecamatan Sepaku di Kabupaten PPU dengan estimasi luas mencapai 173.395 hektare.

ICI KU mengantongi SK IUPHHK dengan SK.160/menhut-ii/2012. IUPHHK adalah izin yang diberikan untuk memanfaatkan hasil hutan kayu dalam hutan alam atau dalam hutan tanaman pada hutan produksi.

Sementara itu tahun 2018 lalu Hashim lewat anak perusahaannya PT Arsari Tirta Pranada berencana  akan membangun bendungan di wilayah kerjanya di PPU. Bendungan itu akan menampung air dengan kapasitas sangat besar sehingga akan mampu menyuplai kebutuhan air ke sejumlah daerah di antaranya Balikpapan, Kutai Kartanegara, PPU, bahkan hingga Samarinda.

Perusahaan akan membangun bendungan atau danau buatan seluas 19.177 hektare. bendungan tersebut nantinya diproyeksikan dapat memutar turbin dan menghasilkan tenaga listrik berkapasitas sekitar 6 megawatt. Air dari bendungan tersebut bisa diolah menjadi air bersih dan air minum dengan kapasitas sebesar 4.550 liter per detik. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *