Dukung Pelaksanaan MTQ, Puluhan Siswa Turut Bersihkan Sampah

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Puluhan siswa SDN 002 Tanah Grogot pada Sabtu (31/8) pagi, pukul 07.00 Wita, membersihkan sampah di sekitar Masjid Agung Nurul Fallah yang merupakan arena utama kegiatan MTQ ke-41 Tingkat Provinsi Kaltim.

Dengan peralatan yang mereka bawa dari sekolah, sampah-sampah yang berserakan di halaman Masjid Agung dan panggung utama dibersihkan.

Menurut Kepala SDN 002 Tanah Grogot Wayan Sudarma, kegiatan bersih-bersih tersebut rutin dilakukan setiap hari Sabtu.

“Karena Paser tuan rumah MTQ, tentu kami ingin lingkungan selalu bersih. Maka dari itu kami arahkan siswa membersihkan sampah di sini,” kata Wayan.

Kegiatan bersih-bersih tersebut kata Wayan juga himbauan dari Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah, untuk membersihkan lingkungan di sekitar sekolah, selama penyelenggaraan MTQ pada 27 Agustus hingga 4 September 2019.

“Ini himbauan kelompok kerja kepala sekolah untuk membersihkan arena MTQ di sekitar sekolah,” ucap Wayan.

Sebelumnya, pada Kamis (29/8) malam, kegiatan MTQ secara resmi dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, dihadiri Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan 10 kafilah Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Pembukaan tersebut juga disaksikan masyarakat Tanah Grogot, dengan kemeriahan tampilan tari, qasidah, dan habsyi.

Selama pelaksanaan MTQ, panitia berupaya menjaga kebersihan dan menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung komitmen tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Dinas Lingkungan Hidup sebelumnya juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik.

“Para peserta MTQ kami berikan total 1000 tumbler atau tempat minum dan tas, supaya tidak pakai plastik. Botol minuman kami himbau tidak digunakan. Penggantinya kami menyediakan gallon dan gelas,” ujar Kepala DLH Paser Abdul Basyid. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *