Kedua Belas Kalinya, Penyu di Balikpapan Tersangkut Jaring Nelayan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Seekor penyu lekang pada Sabtu (31/8) sore terjaring secara tidak sengaja oleh nelayan di perairan pantai Manggar, Balikpapan Timur. Setelah dilakukan pendataan oleh pihak berwenang, penyu tersebut dilepas liarkan saat air pasang.

Penyu lekang itu tidak sengaja terjaring oleh Yanto, seorang nelayan Balikpapan, saat ia tengah menebar jala untuk mencari ikan. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Dinas Pangan Pertanian dan Kelautan Kota Balikpapa dan Ditpolari Polda Kaltim.

Petugas yang menuju lokasi kejadian langsung mengambil data penyu. Penyu tersebut ternyata masuk dalam spesies lekang atau olive ridley turtle atau lepidochelys olivacea, dengan jenis kelamin betina.

Binatang tersebut memiliki panjang kerapas 60 centimeter, panjang sampai kepala 80 centimeter dan lebar kerapas 63 centimeter serta berat 21,5 kilogram.

Koordinator TPI Klandasan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan Hery Saputro mengatakan atau pelepas liaran yang dilakuan ini sudah untuk yang kedua belas kalinya.

“Ini penyu yang kedua belas kali kena jarring nelayan,” kataya.

Ia menambahkan, pelepasliaran ini menunjukan tingginya kesadaran nelayan terhadap habitat penyu di lautan. Selain itu Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah plastik ke laut. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *