Pemkab Paser dan BI Balikpapan Kampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional

Tana Paser – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menyosialisasikan transaksi keuangan dengan metode Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Rencananya kampanye atau sosialisasi tersebut bakal dilaksanakan pada Jum’at (13/9) di halaman Kantor Bupati Paser.

“Kami mengajak kepada masyarakat untuk menghadiri kampanye atau sosialisasi transaksi keuangan GPN pada 13 September di halaman Kantor Bupati Paser,” kata Manager Unit Pengawasan Sistem Pembayaran BI Balikpapan, Roni Cahyadi di Tanah Grogot, usai rapat dengan Pemkab Paser, Senin (2/9).

GPN kata Roni merupaka sistem yang mampu mengakomodir seluruh kanal transasksi pembayaran dari seluruh bank, sehingga bisa menghubungkan semua transaskis di seluruh mesin perbankan yang ada.

“Jadi cukup dengan satu kartu. Kita tidak perlu lagi banyak mesin,” ujar Roni.

Sistem GPN tersebut kata Roni akan menggantikan kartu pembayaran yang sebelumya digunakan seperti visa atau master card.

“Ini produk Indonesia. Targetnya masyarakat, pada 2022 semuanya memiliki miimal satu kartu GPN,” ucapnya.

Sementara Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan, Pemkab Paser mendukung penuh program kampanye GPN tersebut.

“Karena ini program nasional, Pemkab Paser mendukung penuh kampanye tersebut. Apalagi pada Desember 2018 Bupati dan BI Balikpapan sudah MoU untuk saling mendukung program,” ucap Ina.

Kegiatan kampanye nanti akan dirangkai dengan jalan sehat dan senam bersama, diikuti oleh perbankan, pelaku usaha, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat.

“Apalagi ini salah satu bentuk program transaksi non tunai yang harus kita dukung,” ujar Ina. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *