Paser - September 10, 2019

Ipomoea Aquatika Hiasi Kampung Warna-Warni Janju

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 72 tanaman Ipomoea Aquatica, nama latin dari kangkung, menghiasi area kampung wisata warna warni, Desa Janju, Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Tanaman ini ditanam dengan menggunakan sistem aquaponic.

Tanaman sayuran khas Indonesia ini ditanam oleh Mahasiswa Kelompok Kerja Nyata (KKN) dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Muhammadiyah Tanah Grogot.

Menurut Ketua KKN, Dwiki Ubaidillah Farid, pembuatannya memanfaatkan kolam ikan yang sudah tidak digunakan.

“Kami juga manfaatkan kotoran ikan sebagai nutrisi tanaman yang disebarkan dengan mesin pompa,” kata Dwiki, Selasa (10/9).

Pembuatan tanaman ini dikerjakan oleh 12 mahasiswa KKN 2 minggu lalu, bersama warga setempat karena dinilai masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian.

Menurut Edi Karyadi, Kades Janju, upaya yang dilakukan para mahasiswa KKN cukup kreatif. “Bagus dan inovatif,” katanya.

Edy berharap Desa Janju khususnya, terutama Kabupaten Paser dapat dikenal dengan wisata kampung warna-warni yang khas, sebagai tempat wisata nan unik.

Kepada stakeholder terkait pun ia berharap banyak partisipasi dalam membantun kampung wisata mandiri tersebut. Meski sejauh ini ia yang mengapresiasi masyarakat setempat yang secara swadaya ‘menyulap’ kampung itu sehingga memiliki magnet wisata.

“Saya apresiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah bekerja untuk ini. Semoga lebih dikenal dan semakin banyak objek wisata yang menarik,” ucapnya. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tenis Meja Paser Gelar Laga Persahabatan

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten P…