Balikpapan - GerbangNasional - September 12, 2019

2025, Diproyeksikan 30 Juta Penumpang di Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Tahun 2025, diprediksikan jumlah penumpang di Bandara Sepinggan Balikpapan mencapai 30 juta penumpang. Bandara Balikpapan akan memperpanjang Run Way menjadi 3.250 meter. Upaya ini dilakukan untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

“Kami akan menyesuaikan fasilitas dan infrastruktur yang ada untuk menyambut Ibu Kota Baru,” kata GM AP 1 Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha, Rabu (11/9).

Saat ini, kapasitas penumpang di Bandara Balikpapan mencapai 5 juta sampai 15 Juta per tahun.  Run Way akan diperpanjang dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter atau 3.250 meter kea rah barat atau reklamasi pantai.

“Begitu juga dengan terminal yang akan kami tambah,” katanya.

Saat ini, terminal memiliki luas 110 ribu meter², dengan 10 juta penumpang setiap tahunnya. “Maka di tahun 2025 nanti, akan diperluas supaya bisa menampung 20 – 30 juta penumpang,” ucap Farid.

Jumlah maskapai pun juga akan ditambah, terutama maskapai luar negeri seperti Royal Brunei, yang akan menjadwalkan penerbangan rute Brunei – Balikpapan dan Balikpapan-Brunei setiap harinya. “Begitu juga dengan Air Asia dengan rute Balikpapan – Malaysia,” ujar Farid. (mh/gk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ilegal, Kadal Lidah Biru Asal Jakarta Ditahan Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Karantina Pertanian Balikpapan beserta Aviation Secu…