Balikpapan - GerbangKALTIM - September 14, 2019

Kabut Asap, Penerbangan ke Utara Kaltim Dibatalkan, 517 Penumpang Batal Berangkat

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim com – Akibat kabut asap tebal, sejumlah penerbangan dengan rute ke arah utara Kaltim, pada Sabtu (14/9) dibatalkan.

Penerbangan ke arah Berau, Tanjung Redeb, Tarakan, Melak, dan Kutai Barat, terpaksa dibatalkan karena cuaca ekstrem yang diselimuti kabut asap.

“Saat ini ada 7 jadwal penerbangan yang terpaksa harus dibatalkan sejumlah maskapai yakni Garuda Indonesia, Wings Air, Sriwijaya Air, Express Air, dan Lion Air. Total penumpang 517 orang dari keempat maskapai tersebut,” kata GM PT Angkasa Pura 1 Balikpapan Farid Indra Nugraha.

Dengan jarak pandang yang hanya berkisar 1 Kilometer, membuat penerbangan ke arah utara Kaltim itu tidak bisa dilanjutkan.

Bahkan pesawat Lion Air Jenis Boeing rute penerbangan Jakarta –  Tarakan terpaksa harus mendarat di Balikpapan dan tidak bisa melanjutkan penerbangan karena kabut asap yang semakin tebal.

Akibat kejadian ini, banyak maskapai melakukan refund kepada para penumpangnya yang tidak bisa melanjutkan perjalanan. 

“Pembatalan ini juga menggangu jadwal penerbangan lain,” ucap Farid.

Sebelumnya, pada Jumat (13/8) BMKG Kemarau Berau telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di wilayah Berau dan sekitarnya.

Masyarakat diminta berhati-hati saat menggunakan transportasi udara dan laut dengan mempertimbangkan aspek keselamatan. (mh/gk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ilegal, Kadal Lidah Biru Asal Jakarta Ditahan Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Karantina Pertanian Balikpapan beserta Aviation Secu…