GerbangKALTIM - Paser - September 17, 2019

Polres Paser Kerahkan 100 Personel Atasi Karhutla

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kepolisian Resor Paser mengerahkan 100 personel untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menimbulkan asap tebal yang sudah sangat menggangu kesehatan masyarakat.

Pengiriman 100 personel Polres Paser ke Polsek-Polsek, ditandai dengan pergeseran pasukan oleh Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra, di Mapolres Paser, Selasa (17/9).

“Hari ini kami kirim 100  personil untuk membantu polsek dalam mencegah dan menanggulangi karhutla,” kata Kapolres Paser.

Pengerahan pasukan kata Roy untuk mengantisipasi kebakaran hutan mengingat saat ini musim kemarau yang berkepanjangan.

Musim kemarau ini memungkinkan karhutla berlangsung lama karena adanya pembukaan lahan dengan cara membakar.

“Oleh karena itu kami instruksikan jajaran untuk rutin melakukan dan sosialisasi ke masyarakat tentang karhutla,” ucap Roy.

Kebakaran hutan dan lahan lanjut Roy menjadi perhatian khusus semua pihak, termasuk Presiden Joko Widodo. Presiden telah memberikan arahan tegas terkait pencegahan dan pengendalian karhutla.

“Jangan menunggu api membesar, usahakan jangan sampai kejadian kita baru gerak. Api sekecil apa pun segera padamkan,” ucap Roy.

Roy berpesan kepada bhabinkamtibmas agar mengecek langsung apabila ada hotspot dan tidak membiarkan hingga api membesar.

“Jangan biarkan kita di kepung asap tetapi kitalah yang harus mengepung asap,” ucapnya.

Selain aktif melakukan patroli, Polres Paser memasang spanduk himbauan ke masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat agar permasalahan kebakaran hutan dan lahan bisa di tanggulangi sedini mungkin sebelum terjadinya karhutla,” ucap Roy. (Jya)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ilegal, Kadal Lidah Biru Asal Jakarta Ditahan Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Karantina Pertanian Balikpapan beserta Aviation Secu…