TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi mengajak elemen masyarakat maupun aparatur sipil negara (ASN) untuk mencegah karthutla sekaligus meminimalisir dampak akibat kebakaran hutan yang merugikan kesehatan.

Seperti kabut asap yang selama sepekan menyelimuti Kota Tanah Grogot. Dalam berbagai kesempatan, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi kerap mengingatkan dan mengajak masyarakat, bahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) turut berpartisipasi mencegah karhutla.

“Khusus kepada ASN, kami minta peran aktifnya mencegah karhutla dengan mengingatkan keluarga atau masyarakat sekitarnya agar tidak membakar lahan,” kata Bupati yang disampaikan pada Apel Korpri, Selasa (17/9) kemarin .

Kebakaran yang menimbulkan kabut asap, menurut Bupati, dapat menganggu kesehatan dan aktifitas pendidikan maupun perekonomian.

Bahaya kabut asap menyebabkan udara mengandung partikel yang dapat membahayakan kesehatan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Paser telah melakukan berbagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan melibatkan seluruh instansi terkait. (MC Kabupaten Paser)