Lindungi Satwa, DLH Paser Gelar Operasi Semut Pemadaman Api di Tahura

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser menggelar operasi semut pemadaman api di Kawasan Taman Hutan Raya Lati Petangis, Rabu (18/9) dengan melibatkan para pencinta alam dan relawan siaga bencana.

Operasi tersebut dilakukan guna menyelamatkan Tahura dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta untuk menjaga satwa-satwa dan tanaman endemik di kawasan tersebut.

“Kami berupaya memadamkan api untuk mencegah kebakaran meluas dengan melibatkan para relawan siaga bencana dan pecinta alam,” kata Kabid Pengelolaan Tahura pada DLH Paser Teguh Haryanto.

Kegiatan yang dilakukan kata Teguh yakni pemadaman titik api bekas kebakaran untuk mengeliminir potensi sumber api yang biasanya akan membesar di siang hari.

Dalam kegiatan tersebut, dilibatkan 100 relawan siaga bencana dan para pecinta alam, Satpol PP, Polres Paser dan Polsek Batu Engau, serta masyarakat.

Teguh mengatakan, selain untuk mencegah karhutla, kegiatan tersebut juga dalam rangka melindungi satwa dan tanaman endemik seperti Kukang (Slow Loris), Lutung Dahi Putih (Presbytis frontata), Burung Enggang (hornbill) dan rusa sambar (cervus unicolor).

Tanaman endemik yang harus diselamatkan agar tidak terbakar diantaranya tanaman ulin, meranti, pulai, dan pohon madu (banggeris).

“Harapan kami dengan kegiatan ini dapat menjaga Tahura dari kebakaran dan melindungi satwa dan tanaman endimik di sini,” ucap Teguh. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *