9 Bacalon Yang Mendaftar Pilwali, 7 Yang Mengembalikan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – DPC PDI P telah menyerahkan nama- nama pendaftar bakal calon (bacalon) wali kota dan wakil wali kota dari PDI Perjuangan (PDIP) Balikpapan, ke DPD PDIP Kaltim. Jumat (20/0/2019).

Ada tujuh nama yang dikirim, yakni Ahmad Basir, Yaser Arafat, Eddy Sunardi Darmawan atau Eddy Tarmo, Yohana Palupi Arita, Sabaruddin, Safaruddin dan Thohari Aziz.

“7 orang ini yang mengembalikan formulir. Dari tujuh nama itu, satu yang daftar sebagai bacalon wakil wali kota. Yakni Pak Thohari,” ujar Muhammad Bahrul Nur, ketua tim pendaftaran bacalon wali kota dan wakil wali kota PDIP Balikpapan.

Setelah ini prosesnya DPD PDIP Kaltim, akan mengirim nama-nama tersebut ke DPP PDIP di Jakarta.

“Sebelum tanggal 23 September, nama-nama itu sudah harus di DPP,” lanjut Bahrul.

Proses selanjutnya, DPC PDIP Balikpapan bekerja sama Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP akan menggelar survei terhadap nama-nama tersebut. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar elektabilitas para Bacalon ini.

“Insya Allah bulan depan kita jadwalkan (survei). Tunggu info lanjut dari BSPN pusat,” ujarnya.

Bahrul memberikan klarifikasi. Sebelumnya ada sembilan orang yang datang. Mengambil formulir pendaftaran. Selain tujuh nama yang disebutkan di atas. Ada dua nama lain. Ahmad Rosyidi dan Purwo Atmojo, mantan komisioner KPU Balikpapan.

“Mereka (Ahmad Rosyidi dan Purwo Atmojo) tidak mengembalikan formulir. Yang kita kirim nama-namanya ke DPD adalah yang mengembalikan formulir,” ujar Bahrul.

Untuk diketahui, PDIP membuka pendaftaran bacalon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan. Pengambilan formulir dibuka 2-8 September 2019. Pengembalian formulir 9-19 September 2019. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *