Persiapkan World Rabies Day, Karantina Pertanian Balikpapan Gandeng Instansi Terkait

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Penyakit Rabies masih menjadi ancaman serius di seluruh dunia. Penyakit yang dapat ditularkan ke manusia (zoonosis) ini biasa dikenal dengan sebutan penyakit anjing gila. Tahun 2017, WHO menyatakan penyakit ini menyebabkan kematian dan 50 persen diantaranya terjadi di Asia.

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Balikpapan dalam rangka memperingati World Rabies Day akan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan 1000 vaksinasi rabies gratis terhadap anjing dan kucing. “Selain itu, akan diberikan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit rabies dan pentingnya memberantas penyakit ini”, papar Abdul Rahman, Kepala Karantina Pertanian Balikpapan pada rapat persiapan peringatan World Rabies Day (23/9).

Peringatan World Rabies Day akan diselenggarakan pada Minggu, 29 September 2019 di Lapangan Merdeka, Balikpapan dengan mengusung tema Menyongsong Kaltim Bebas Rabies 2028.

“Kami juga menggandeng Dinas Peternakan Provinsi Kaltim, Dinas Pertanian Balikpapan, Dinas Kesehatan Balikpapan, Kesehatan Pelabuhan Balikpapan dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kaltim II untuk bersama-sama mewujudkan Kaltim bebas Rabies 2028”, tambahnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *