Tanpa Mahar, Nasdem Balikpapan Buka Pendaftaran Balon Wali Kota

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Balikpapan membuka pendaftaran bakal calon Kepala Daerah. Terdapat persyartan khusus yang diterapkan Nasdem Balikpapan bagi bakal calon yang mau maju menjadi Bakal Calon Wali Kota, yaitu melampirkan hasil survel dari 8 lembaga yang telah terakreditasi.

“Bagi pendaftar yang ingi maju, wajib menyertakan hasil survey dari satu Lembaga yang terakreditasi. Seperti Indikator, Charta Politik, Poltracking, dan sebagainya,” kata Ketua DPD Nasdem Balikpapan Rizal Effendi, Senin (23/9).

Rizal memastikaan secara tegas, tidak ada mahar atau biaya yang diminta dalam bentuk apa pun dari bakal calon. “Arahan dari Ketua Umum Nasdem, Pak Surya Paloh tegas. Kader dilarang memungut biaya utuk proses pencalonan,” ucapnya.

Penyertaan Lembaga survey ini menurut Rizal, bukan untuk mempersulit bakal calon, namun lebih akan membantu proses pencarian bakal calon yang terbukti elektabilitasnya. “Dari sejak awal kami sudah tahu posisinya. Bakal calon layak maju atau tidak,” ujar Rizal.

Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor DPD Nasdem Balikpapan, kompleks Balikpapan Baru, Blolk Sentra Eropa Acara 15-16, Balikpapan Selatan.

Sementara Ketua Penjaringan Maulidin mengataka dalam proses ini, DPD Nasdem Balikpapan akan menguslkan tiga bakal calon ke DPW Kaltim. “DPW bisa menambahkan paling banyak 2 bakal calon di luar usulan,” katanya.

Maulid menambahkan, pengembalian formulir tanggal 23 Oktober. Sedangkan pada 24-31 Oktober adalah masa pemapara visi dan misi serta strategi calon kandidat. Tanggal 1 sampai 5 Noember aka nada pleno di tingkat DPD dan DPW. “Tanggal 6 sampai 8 November penyerahan berkas ke DPP Pusat,” katanya.

Selain syarat hasil survei, syarat lainnya adalah usia minimal 25 tahun untuk bakal wali kota, tidak cacat hukum, sehat, memiliki komitmen kuat untuk mengikuti aturan partai. “Jika dia ASN atau pegawai BUMN, TNI, Polri, harus mengundurkan diri jika sudah ditetapka sebagai calon,” ujarnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *