BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Satpolair Polres PPU meringkus 4 warga Kampung Kayu Api, Kelurahan Penajam, Kabupaten PPU usai melakukan pencurian alat kapal.

Aksi ini dilakukan para pelaku di atas kapal KM Anggrek IV milik Syamsudin, warga Balikpapan Tengah.

Pencurian ini terjadi pada Selasa, (10/9/2019) sekira pukul 10.00 Wita dan dilakukan oleh empat pelaku yang masing-masing berinisial BU (43), AR (31), JA (26) dan SA (22).

“Iya benar telah berhasil ditangkap 4 oknum warga yang melakukan pencurian diatas kapal,” ujar Direktur Polairud Polda Kaltim Kombes Pol Omad melalui Kasubdit Gakkum Ditpolairud, Kompol Teguh Nugraha.

Pada Selasa, (24/9/2019) sekitar pukul 01.15 Wita dinihari, saat anggota melaksanakan patroli dan menemukan ada orang membawa barang yang mencurigakan.

Setelah dilakukan peneriksaan, ternyata barang tersebut diambil dari kapal yang sedang berlabuh di Pantai Kayu Api.

“Saat kita cek dan konfirmasi ke pemilik kapal, ternyata memang benar bahwa barang tersebut adalah milik korban,” ujarnya.

Mengetahui hal tersebut, pihaknya langsung mengamankan ke empat pelaku tersebut beserta barang bukti berupa Baling baling (kipas kapal), As Kapal dan Mesin Kapal yang telah dipreteli.

“Selanjutnya pelaku diamankan oleh anggota dan setelah dikembangkan ternyata kegiatan tersebut sudah dilakukan untuk kedua kalinya,” ujar Teguh.

Kemudian 4 pelaku diserahkan ke Mapolres Penajam Paser Utara untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. (mh/gk)