Kaharudin Lantik Pengurus Bawe Paser

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Wakil Bupati Paser  Kaharuddin pada Sabtu (28/9), melantik Dewan Pengurus Pusat  Perhimpunan Bawe Paser Periode 2019- 2023 menjadi salah satu  Organisasi baru di Kabupaten  Paser. 

Pada acara itu Wakil Bupati Paser melantik Rusnawati sebagai Ketua Perhimpuan Bawe Paser.

Bawe adalah bahasa Paser yang artinya wanita atau perempuan. “Jadi Bawe Paser, sebagai organisasi wanita harus memiliki program pembangunan di bidang sosial, budaya dan kemasyarakatan,” kata Kaharudin.

Kaharudin mengatakan, sejarah pernah mencatat bahwa Paser pernah dipimpin oleh seorang perempuan.

Sejarah tersebut haruslah menjadi contoh bahwa perempuan bisa menjadi pemimpin. “Peran perempuan sangat penting dalam pembangunan daerah,” ucap Kaharudin.

Setelah dilantik Kaharudin meminta Rusnawati segera menyusun struktur organisasi dan agenda program kegiatan.

Kepada seluruh perempuan di Paser Kaharudin mengingatkan, bahwa organisasi Bawe Paser terbuka untuk semua kalangan. “Bukan hanya orang asli sujud Paser saja. Semua perempuan di Paser boleh masuj organisasi ini,” terangnya. 

Kaharuddin juga menegaskan peran Bawe Paser dalam menjaga budaya dan kearifan lokal, terutama bahasa asli Paser.

“Teruslah jaga budaya dan terus berbahasa Paser agar bahasa asli daerah ini terus terpelihara. Jangan malu berbahasa Paser, ” kata Kaharudin.

Sementara itu Ketua Lembaga Adat Paser (LAP) Arbain M Noor mengatakan bahwa setelah pelantikan ini pihaknya akan segera membentuk pengurus Bawe Paser di seluruh Kecamatan.

“Kami akan membentuk  di 10 kecamatan  tentu itu menjadi  tujuan  kami, termasuk juga desa,  yang dilantik saat ini akan menjadi pusatnya,” kata Arbain. (Ral)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *