Balikpapan - GerbangKALTIM - September 30, 2019

Ketua Menteri Sabah Tertarik Kerjasama Dengan Kaltim

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Ketua Menteri Sabah Datuk Shafie Apdal mengunjungi Balikpapan menyusul ditetapkanya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara Indoensia yang baru.

Dalam lawatannya di Kota Minyak ini pada Senin (30/9), ia disambut Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua DPRD Kaltim Makmur Hapk, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan sejumlah pejabat Kaltim.

“Sebenarnya pertemuan ini sudah lama dijadwalkan lama namun baru direalisasikan. Silaturahmi ini bukan hanya kerjasama Malaysia dan Indonesia. Tapi juga Malaysia dan Kaltim yang dekat dengan negeri sabah,” kata Datuk Shafie Apdal.

Kaltim yang secara geografis dekat dengan negeri Sabah, menurut Datuk Shafie perlu menjalin kerjasama. Apalagi Kaltim memiliki potensi yang luar biasa.

“Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim sudah pasti membuat (pusat pemerintahan) lebih dekat dengan Malaysia,” imbuhnya.

Datuk Shafie dalam kunjungannya ke Kaltim ini membawa rombongan besar sebanyak 56 orang diantaranya Menteri Pelancongan dan Kebudayaan Datuk Kristina Liew, Menteri Kerajaan setempat Datuk Jauzan Sembakung, dan Menteri Pertanian dan Industri Datuk Junns Wong.

Turut hadir Menteri Pelajaran Sabah dr Yusuf Yakub, Setiausaha Kerajaan Sabah (Sekretaris Jenderal) Datuk Sri Panglima Hasyim Faizan, Ketua Polisi Negeri Sabah Datuk Umar Mama, dan Panglima Angkatan Tentara Darat Sabah Datuk Karim.

Gubernur Kaltim Isran Noor meenyambut hangat kedatangan Ketua Menteri sabah dan rombongan ke kaltim. Kedepan hasil pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan kerjasama dua wilayah dan negara di bidang Pendidikan dan pariwisata.

“Selanjutnya akan ada pertemuan lainnya. Tentunya dengan melihat skala prioritas bidang apa saja yang kemungkinan besar dilakukan kerjasama,” kata Isran Noor.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effedi meniliai kunjungan ini sebagai peluang kemajuan Kota Balikpapan di masa datang. “Ini peluang untuk kemajuan Balikpapan. Apalagi Malaysia Timur sudah sangat maju,” ucapnya.

Sementara itu, di hari kedua rombongan direncanakan berkunjung ke Pertamina dan pasar kebun sayur. Pada Selasa (1/10) sore dijadwalkan terbang ke Tarakan untuk pertemuan Rabu pagi dengan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie pada kegiatan usaha tambak dan perikanan di Kota itu. (mh/gk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ilegal, Kadal Lidah Biru Asal Jakarta Ditahan Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Karantina Pertanian Balikpapan beserta Aviation Secu…