PDAM Balikpapan Terapkan Aplikasi Digital Untuk Survei Pelanggan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Balikpapan menerapkan penggunaan aplikasi digital dalam kegiatan survei kepuasan pelanggan (SKP) Tahun 2019. Aplikasi digital ini dilakukan untuk meningkatkan akurasi hasil survei dan menjamin tidak ada manipulasi yang dilakukan tim surveyor.

“Penggunaan aplikasi mwater dalam pelaksanaan SKP merupakan terobosan yang dilakukan oleh PDAM Kota balikpapan untuk meningkatkan akurasi dalam hasil survei kepada pelanggan,” kata Ketua Tim SKP PDAM Kota Balikpapan, Awaluddin Setya Aji, Senin (30/9).

Melalui aplikasi ini tim surveyor dapat melakukan wawancara langsung kepada pelanggan berdasarkan pertanyaan yang sudah disediakan dalam sistem aplikasi.

“Aplikasi akan mencatat langsung lokasi wawancara yang dilakukan tim surveyor sesuai dengan koordinat titik yang ditentukan. Tim surveyor juga diwajibkan untuk meng-upload foto diri bersama pelanggan sebagai bukti kunjungan,” terang Aji.

Aji menambahkan, penggunaan aplikasi dipastikan akan meningkatkan akurasi hasil survei karena seluruh dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi. Hasil survei yang telah dilakukan akan tersimpan otomatis di server.

“Karena dengan dengan pola manual berpotensi terjadi manipulasi dari tim surveyor. Dengan sistem ini dijamin akurasinya dan tim surveyor tidak perlu datang ke kantor untuk menyerahkan hasil wawancara/ karena telah tersimpan otomatis di server,” jelas Aji.

Selain meningkatkan akurasi, penggunaan aplikasi ini juga mendukung program untuk pengurangan penggunaan kertas atau paperless, karena survei dilakukan menggunakan aplikasi sehingga ramah lingkungan. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *