GerbangKALTIM - October 4, 2019

Desain Ibu Kota Baru Disayembarakan, Berhadiah Rp.5 Milyar

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) berhadiah total Rp.5 Miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuliono mengatakan sayembara itu merupakan upaya untuk memperoleh ide atau gagasan Kawasan IKN yang akan dibangun di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara dan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Jika tertarik ingin menyumbang pemikiran desain IKN yang mengusung konsep metropolis, coba ikut sayembara,” kata Basuki di sela dialog nasional rancang bangun dan kesiapan Kaltim sebagai IKN, di Balikpapan, Rabu (2/10).

Kompetisi yang dimulai sejak 3 Oktober 2019 terbuka untuk masyarakat umum, yang memiliki keahlian di bidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota di Indonesia.

PUPR kata Basuki tidak menyewa konsultan pada perancangan IKN yang baru. Pemerintah mempersilakan masyarakat untuk berpartisipasi menyumbang pemikiran terkait rancangan desain IKN tersebut.

“Kami ingin ada partisipasi masyarakat untuk desain IKN dengan visi ibu kota sebagai katalis peningkatan peradaban manusia Indonesia,” kata Basuki.

Ada 3 kriteria desain yang akan dinilai. Desain tersebut harus bisa menjabarkan visi IKN yang baru yakni pertama menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial dan ekonomi. Kedua mencerminkan identitas bangsa dan ketiga mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

Sejumlah nama penting yang masuk dalam dewan juri seperti Ridwan Kamil Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi, Gubernur Jawa Barat, Arsitek Daliana Suryawinata, Masjaya Rektor Universitas Mulawarman, dan Pemahat Nyoman Nuarta.

Informasi tentang persyaratan administrasi dan jadwal sayembara, dapat diakses melalui sayembaraikn.pu.go.id (mh/gk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ilegal, Kadal Lidah Biru Asal Jakarta Ditahan Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Karantina Pertanian Balikpapan beserta Aviation Secu…