Balikpapan - October 4, 2019

Menhub Siapkan Transfortasi Cerdas di IKN Baru

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kementerian Perhubungan memastikan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru akan dibangun transportasi mengusup konsep ITS atau Intelligent Transportation System, sebuah sistem transportasi cerdas.

Kesiapan transfortasi di IKN baru ini dijelaskan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadhi di acara dialog nasional rancang bangun dan kesiapan Kalimantan Timur sebagai IKN di Balikpapan, Rabu (2/10).

“Pemerintah terus melakukan persiapan dan kajian untuk membangun transportasi konsep ITS. Ini merupakan arahan Presiden,” ucapnya.

Budi Karya menjelaskan kebijakan nasional terkait transportasi publik akan meliputi menyeluruh sektor darat, udara dan laut. Semuanya harus terintegrasi.

“Yang terpenting adalah semua jenis transportasi harus saling sinergi untuk memudahkan aksesbilitas masyarakat di ibu kota yang baru nanti,” ungkapnya.

Pemerintah lanjut ia, akan cermat dalam menentukan pilihan untuk melengkapi kota dengan transfortasi yang moderen dan canggih, dengan melihat potensi yang ada dan juga tentunya terintegrasi dengan kementerian lainnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PDP COVID-19 Paser Bertambah Dua, Hasil Reaktif Rapid Test

Tana Paser – Kabupaten Paser mencatat dua tambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Me…