Balikpapan - October 6, 2019

Drama kolosal dan paramotor Kodam Mulawarman meriahkan HUT ke-74 TNI

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Dalam memperingati HUT ke-74 TNI, Kodam VI Mulawarman menyelenggarakan drama kolosal dan penerbangan paramotor di lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu (5/10).

Ribuan personel TNI dan masyarakat memadati lapangan merdeka. Berbagai acara menyemarakkan HUT TNI tahun ini. Dimulai dari kegiata upacara yang dipimpin Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto

Usai upacara dilanjutkan penampilan heroik drama dan tari kolosal oleh para prajurit TNI, komunitas sanggar, ormas Balikpapann, pelajar SMA, pelajar SMA Kartika dan seminan lain.

Konsep drama yang digagas Kasdam Mulawarman Brigjen TNI Richard Tampubolon, disutradarai Yudi Valen dari DKB Balikpapan dan peran serta seniman serta musisi Balikpapan.’

“Drama ini cukup membawa emosi penonton, meningatkan kembali sejarah panjang berdirinya TNI,” kata Kasdam Muawarman Brogjen TNI Richard Tampubolon.

Richard menjelaskan sejarah berdirinya TNI berawal dari BKR, kemudian menjadi TKR pada 5 Oktober 1945. “Setelah itu ada TRI yang merupakan cikal bakal TNI yang diresmikan oleh Presiden Sukarno saat itu pada 3 Juni 1947,” ucapnya.

Di sela drama kolosol, diperagakan kemampuan penjinakan bom dari tim Jihandak Yonzipur 17 Ananta Dharma.

Sutradara drama kolosal Yudi Valen mengatakan konsep yang diskenario oleh Kadam ini melibatkan banyak 800 pemeran. Ini menggambarkan perjuangan Bangsa Indonesia terbentuknya TNI hingga peran TNI dalam masyarakat saat ini.

Tak kalah meriah, di langit Balikpapan penerbangan 4 paramotor dari Dandito Team yang membawa 3 lambang 3 Angkatan yakni Angkatan Darat, Udara dan Laut dengan membawa banner HUT ke-74 TNI.

Pembina Dandito Team Rudy Setiawan mengatakan penerbangan yang dilakukan sebagai wujud kecintaan anank bangsa terhadap TNI yang selalu setia mengawal NKRI.

Sedangkan salah satu pengunjung, Afifah merasa tersentu dengan drama kolsol yang ditampilkan pada HUT TNI kali ini. Digambarakan pejuang bangsas saat merebut kemerdekaan yang harus berkorban harta benda hingga jiwa dan raga.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan pesta hiburan yakyat menampilkan artis ibu kota Zaskia Gothik , Fitri Karlina dan Duo Sovia. (mh/gk).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ilegal, Kadal Lidah Biru Asal Jakarta Ditahan Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Karantina Pertanian Balikpapan beserta Aviation Secu…