KPU Tentukan Maskot Pilkada, Libatkan Tokoh Adat

TANA PASER, Gerbangkaltim.com- Guna mempermudah dalam melaksanakan tahapan Sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah. Maka perlu di bentuk Maskot yang dapat dengan mudah dimengerti oleh masyarakat jika akan dilaksanakan Pilkada.

Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser melakukan sayembara Maskot Pilkada Paser. Tidak ingin salah langkah, KPU Paser membentuk Tim kecil yang bertigas untuk melaksanakan kegiatan Sayembara tersebut.

Tim kecil tersebut melibatkan Ahli Desain H. Syaiful yang juga disepakati sebagai Ketua Koordinator Sayembara Maskot tersebut. Selain H. Syaiful KPU juga melibatkan Tokoh Masyarakat Adat setempat H. Zainal Abidin dan melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Paser yang diwakilkan oleh Sekretaris Disdikbud Paser Rusnawati.

Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyd menyampaikan, maskot merupakan salah satu alat tambahan dalam melaksanakan sosialisasi.

“Salah satu alat untuk sosialisasi dari kami yaitu maskot, supaya masyarakat jika melihat maskot ini maka secara automatis masyarakat akan ingat dengan pemilihan,” ucap Qayyim. Senin (14/10).

Berkaitan dengan penentuan maskot Pihak KPU melakukan sayembara kepada masyarakat secara umum. Ini dilakukan juga sebagai cara sosialisasi bagi KPU.

“Dengan sayembara ini masyarakat juga bisa mengetahui kalau saat ini KPU Paser sedang melaksanakan tahapan Pilkada,” ungkapnya.

Berkaitan dengan syarat dan kriteria maskot ia lebih mengutamakan pada Kearifan Lokal dan juga mencantumkan identitas KPU sebagai penyelenggara Pilkada.

“Harus mengedepankan kearifan lokal, misal satu bentuk yang merupakan khas dari Kabupaten Paser, mau itu hewan atau hal lainnya yang merupakan khas di kabupaten Paser,”terangnya.

Dalam pertemuan perdana sekaligus menentukan Koordinator Sayembara yaitu H. Syaiful. Ia menyampaikan bahwa Maskot Pilkada Kabupaten Paser kali ini akan diupayakan agar bisa di buat menjadi tampilan 3D.

“Tujuan maskot ini, nanti akan diikut sertakan dalam setiap pelaksanaan sosialisasi pilkada oleh KPU Paser. Makanya kami juga lebih menekankan agar maskot nanti juga bisa di buat dalam bentuk 3D. Tapi dalam lomba ini peserta cukup membuat dalam bentuk File, Foto, dilengkapi juga dengan penjelasan filosofi dari maskot yang dibuat,” papar H. Syaiful.

Sementara itu H. Zainal Abidin menambahkan bahwa berkaitan dengan binatang endemik di kabupaten Paser. Ia menyebutkan Harimau dan Burung Tiyung.

“Jaman kerajaan dulu itu harimau menjadi salah satu hewan endemik Paser, tapi saat ini sudah tidak ada lagi. Kemudian ada lagi Burung Tiyong yang sampai saat ini masih ada di Kabupaten Paser,” ucap H. Zainal Abidin.

Menambahkan penyampaian H. Zainal Abidin, Rusnawati mengatakan bahwa selain hewan endemik, Kabupaten Pasee juga memiliki beberapa tanaman khas Paser.

“Ada yanaman khas Paser, saat ini kami baru mendapatkan tiga jenis. Yaitu Tanaman Lempinak, Kombat, serem bolum,” ucapnya.

Berkaitan dengan penilaian, tim kecil tersebut akan membahas lebih detail dalam pertemuan selanjutnya. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *