Pemkab Paser Pastikan Produk Hukum KPU Tidak Bermasalah

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Andi Aziz mengingatkan agar produk hukum seperti aturan, Surat Keputusan serta ketetapan yang dikeluarkan oleh KPU tidak bermasalah di kemudian hari.

“Terbentuknya Pokja pembentukan produk hukum KPU ini, kedepannya agar semua produk hukum KPU harus sesuai ketentuan agar tidak ada masalah hukum di kemudian hari,” kata Andi Aziz usai rapat konsultasi dengan Kelompok Kerja Produk Hukum KPU Paser, di Tanah Grogot, Selasa (15/10).

Oleh karena itu Aziz menilai apa yang sudah dilakukan KPU dengan memintanya untuk memberikan masukan terkait produk hukum, adalah langkah yang benar dan sesuai.

‚ÄúSebagaimana ketentuan, bahwa Pokja ini harus berkoordinasi dengan Pemda, atau instansi terkait dalam hal ini bagian hukum,” katanya.

Kabag Hukum Sekretariat Daerah Paser Andi Aziz

Dalam aturan terkait KPU maupun Pilkada, terdapat beberapa produk hukum yang dikeluarkan oleh Bupati Paser.

Namun untuk produk hukum atau Surat Keputusan berkaitan dengan kegiatan KPU, menurut Aziz, cukup dengan Surat Keputusan dari Ketua KPU.

Sementara Komisioner Divisi Hukum KPU Paser Arbain mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengagendakan dua kegiatan dan program untuk menunjang Pilkada yang akan digelar 2020 mendatang.

“Terkait produk hukum yang kami konsultasikan ini, dalam waktu dekat akan dibuat Surat Keputusan tentang kesekretariatan Panitia Pemilihan Kecamatan dan alat peraga kampanye,” kata Arbain.

Komisioner Divisi Hukum KPU Paser Arbain

Adapun pendaftaran PPK akan dimulai pada Januari 2020 sedangkan pembuatan Surat Keputusan (SK)-nya akan dibuat pada Februari 2020. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *