Wabup Paser Minta Desa Bangun Gedung Perpustakaan

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Wakil Bupati (Wabup) Paser Kaharuddin meminta kepada Kepala Desa untuk membangun gedung perpustakaan, sebagai wadah pendidikan literasi bagi warga setempat.

Hal tersebut dikatakan Wabup usai membuka bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan perpustakaan yang diikuti perwakilan kecamatan dan desa, Selasa (15/10).

“Jika desa membentuk perpustakaan, kita harus membuat gedung khusus untuk itu, tidak mungkin kan kalo kita gabung dengan Kantor Desa, ” kata Kaharuddin.

Kaharuddin menilai perpustakaan penting dimiliki desa sebagai wadah literasi atau budaya membaca bagi masyarakat.

Kaharuddin mendorong, bagi desa yang belum memiliki perpustakaan, untuk membuat perpustakaan yang berisi buku-buku dan bacaan yang bermanfaat.

“Kami harap seluruh desa dan kecamatan punya perpustakaan sendiri,” kata Kaharuddin.

Guna memastikan perpusatakaan di desa dikelola dengan baik, Kaharuddin mendukung bimtek yang sedang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan itu. Ia mendorong instansi yang menangani hal itu dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dalam pengelolaan perpusatakaan.

Kaharuddin berharap pemberdayaan dan pengelolaan perpustakaan mampu meningkatkan budaya literasi guna menghasilkan generasi yang berpendidikan dan berpengetahuan luas.

“Bimtek ini sangat bermanfaat untuk petugas dalam mengelola perpustakaan di desa dan kecamatan. Semoga perpustakaan desa dapat menghasilkan generasi yang berpengetahuan,” pungkasnya. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *