BALAGAN, Gerbangkaltim.com – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba, warga Desa Binuangsantang diberikan penyuluhan mengenai dampak negatif obat terlarang tersebut, Kamis (17/10).

Puluhan warga menjadi peserta dalam kegiatan nomfisik yang menjadi satu program dari pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Tahun 2019 Kodim 1001/Amuntai-Balangan. Mereka nampak antusias menjadi pendengar saat pemateri memaparkan mengenai bahaya dari narkoba.

Segala macam hal mengenai obat yang membuat candu tersebut dibahas. Mulai dampak negatif, hingga pengedarannya dan penggunanya yang bisa mendekam dipenjara. Selain itu, penawaran rehabilitasi untuk pecandu narkoba pun juga dipaparkan.

Penyalahgunaan narkoba dianggap berdampak negatif baik dari segi kesehatan mental maupun fisik. Warga pun diberikan pemahaman akan hal tersebut.

Sebagaimana diketahui, pada pelaksanaan TMMD 106, selain sejumlah program fisik, yakni bedah rumah, rehab masjid dan pembuatan jalan, kegiatan nonfisik pun juga digelar, di antaranya penyuluhan narkoba, pertanian, penyuluhan kesehatan masyarakat, keluarga berencana, pertanian dan perkebunan. Serta penyuluhan tentang peternakan dan perikanan ,dan sejumlah penyuluhan lainnya.

Selain itu, digelar pula kegiatan bakti sosial yakni pengobatan massal khitanan massal, donor darah, pelayanan KB dan pasar murah.
Pendam VI/Mlw