BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Ratusan umat Hindu Balikpapan dan sekitarnya menggelar doa bersama menjelang pelaksanaan pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Maruf Amin periode 2019-2024.

Kegiatan doa bersama ini dilaksankan di Pura Giri Jayanatha Kota Balikpapan dipimpin oleh Pedanda Gede Prabawa Nanda Giri dan diikuti oleh sekitar 100 orang warga hindu Kota Balikpapan.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan Doa Bersama Warga Hindu Kota Balikpapan adalah agar di Negara Indonesia selalu dalam keadaan aman, masyarakat dapat hidup rukun dan terciptanya situasi yang kondusif,” ujar Ketua PHDI kota BalikpapanNengah Kayun Widiartana.

Kegiatan ini diawali dengan doa bersama yang di awali dengan Puja Trisandya dilanjutkan Panca Sembah dan metirta serta nunas air suci.

Nengah juga mengucapkan teimakasih kepada seluruh umat hindu atas kehadiran dalam acara doa bersama.

“Umat hindu kota balikpapan siap mendukung menciptakan keamanan dan kondusifitas bagsa indonesia sesuai dengan slogan yg terdapat dalam kitab sutasoma bhineka tunggal ika tan hana darma mangrua yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu, kita juga mengharap selalu damai,” jelasnya.

Sementara Kabag Analis DitIntelkam Polda Kaltim AKBP Ida Bagus Wiryana mewakili Kapolda Kaltim juga menyampaikan terimakasih atas waktu yang diberikan dalam kesempatan ini. Polda kaltim mengajak seluruh umat hindu unuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

“Mari kita terus bersatu jangan sampai ada celah orang-orang yg tidak bertanggung jawab sengaja mengadu domba sehingga kita menjadi terpecah belah,” ujarnya.

Polda kaltim mengharapkan kepada umat hindu menjadi triger atau penggerak keamanan jangan mudah terpropokasi dan bijak bermedia sosial. (mh/gk)