DLH Paser dan KNPI Bakal Gelar Seminar DAS Kandilo

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bakal menggelar seminar membahas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kandilo pada 30 Oktober dan 3 November 2019 mendatang.

“Seminar ini usulan KNPI dan kami akan menidaklanjutinya untuk melakukan kegiatan seminar,” kata Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Paser Achmad Safari, Senin (21/10).

Safari mengatakan, berbicara kualitas lingkungan di sekitar tidak terlepas dari semua kegiatan yang berada di dalamnya.

“Seperti aktivitas rumah tangga serta kegiatan usaha yang multi sektor, baik pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, industri, maupun kegiatan dan jasa lainnya,” ucapnya.

Oleh karena itu, DLH Paser mengapresiasi usulan seminar KNPI itu yang menurutnya sebagai bentuk kepedulian pemuda terhadap lingkungan sekitarnya.

“Karena upaya perlindungan, pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan bukan menjadi tanggungjawab satu pihak saja, perlu kerjasama dari semua pihak,” ujar Safari.

Ketua KNPI Paser Eko Yuniantonosa mengatakan alasan pihaknya mengambil isu DAS Kandilo dalam seminar dikarenakan hal tersebut banyak dibicarakan masyarakat.

“Isu ini sangat sangat hangat diicarakan masyarakat di Paser,” kata Eko.

KNPI lanjut Eko, berharap ada diskusi yang melahirkan pemikiran bermanfaat untuk perbaikan DAS Kandilo.

Dengan mengusung tema ‘Gotong royong demi sungai, Sungai Urat Nadi Taka’, seminar itu nantinya akan mengundang tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa dan perusahaan.

 “Harapannya nanti ada sosialisasi tentang pentingya peduli terhadap lingkungan, pembentukan komunitas peduli lingkungan, dan kegiatan penghijauan di daerah sempadan Sungai Kandilo,” pungkas Eko. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *