GerbangKALTIM - October 23, 2019

Ilegal, Kadal Lidah Biru Asal Jakarta Ditahan Karantina Pertanian Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Karantina Pertanian Balikpapan beserta Aviation Security (Avsec) Terminal Kargo Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan menggagalkan usaha pemasukan reptil ilegal ke Balikpapan (22/10).

“Kali ini modusnya berupa pengiriman paket kilat yang dilaporkan sebagai barang perlengkapan bayi”, terang drh. Linda Dwi Hapsari, Medik Veteriner Karantina Pertanian Balikpapan.

“Awalnya pihak Avsec curiga karena di dalam paket seperti ada yang bergerak, setelah di x-ray dan dibuka ternyata ada tiga ekor kadal lidah biru dewasa yang dibungkus kantong kain”, tambah Linda.

Paket tak berdokumen asal Jakarta tersebut dikemas menggunakan kardus makanan ringan yang dalamnya dipenuhi biskuit coklat kemasan dan potongan kertas, hal ini diduga untuk mengelabui petugas.

“Karena tidak ada dokumen karantina, terlebih lagi adanya motif kesengajaan mengelabui petugas, maka kadal tersebut kami tahan”, ujar Ahmad Mansuri Alfian selaku Kasie Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Balikpapan.

Selanjutnya, kadal tersebut dipindahkan ke tempat yang lebih layak dan memanggil pemilik serta penyedia jasa pengiriman paket untuk dimintai keterangan lebih lanjut terkait dengan modus penyelundupan reptil tersebut. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

OPD Paser Harus Berinovasi Dalam Melayani Masyarakat

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Asisten Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Arief Rahm…