Pemda Kabupaten Paser - October 23, 2019

Paser Bersiap Jadi Penyangga Pangan IKN Baru

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kabupaten Paser tengah bersiap menjadi daerah penyangga pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim karena lokasinya berdekatan dengan Penajam Paser Utara (PPU). Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan pemindahan IKN baru ke Kaltim tepatnya di sebagian wilayah PPU dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan hal tersebut ia peroleh usai rapat dengan Menteri Pertanian beberapa waktu lalu bersama perwakilan Kabupaten / Kota se- Kalimantan.

“Hasil pertemuan dengan perwakilan daerah se-Kalimantan dengan Menteri Pertanian, salah satunya menyebut Paser sebagai penyangga pangan untuk ibu kota negara,” kata Katsul Wijaya di Tanah Grogot, Selasa (22/10).

Katsul melanjutkan, nantinya Paser akan menjadi sentra 3 komoditas pertanian yakni sentra padi, bawang merah dan cabai. Untuk mempersiapkan hal itu, Katsul meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menyamakan persepsi dan menyatukan arah tujuan.

“Nanti Asisten Ekonomi akan menggelar rapat dan diskusi dalam rangka mendukung ketahanan pangan untuk ibu kota negara baru,” ujar Katsul.

Utuk menunjang kebutuhan pangan ibu kota negara lanjut Katsul, bukan hanya tugas Dinas Pertanian (Distan) saja. Diperlukan koordinasi dan sinergitas lintans instansi seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) serta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop).

Untuk DPUTR kata Katsul mempunyai peran dalam membantu infrastruktur untuk menunjang pertanian seperti pembangunan jalan usaha tani, jalan poroduksi, irigiasi, serta saluran primer dan sekundernya.

“Begitu juga dengan kelompok tani, organisasi pertanian seperti Perhiptani, dan semua komponen yang mempunyai peran untuk menjadikan daerah ini sebagai penyangga pangan ibu kota negara yang baru,” pugkas Katsul. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Akan ditingkatkan, Indeks Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik di Paser Masih Rendah

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Bidang Aplikasi pada Dinas Komunikasi Informa…