Pemda Kabupaten Paser - October 23, 2019

Pengurus Perhiptani Paser Periode 2019-2024 Dikukuhkan

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhiptani Propinsi Kaltim, Asmiralda, kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kabupaten Paser periode 2019 – 2024 di Pendopo Kabupaten, Selasa (22/10).

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya, Asisten Ekonomi Ina Rosana, Kepala Dinas Pertanian Karoding dan sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).
Amiruddin Ahmad, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Paser, terpilih sebagai Ketua Perhiptani paser untuk kepengurusan lima tahun kedepan.

Dalam sambutannya, Ketua DPW Perhiptani Kaltim Asmiralda memaparkan sejumlah persoalan seperti minimnya jumlah penyuluh hingga keterbatasan anggaran operasional yang keduanya dinilai dapat mempengaruhi kemajuan pengembangan pertanian di daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya berharap para penyuluh yang ada di wadah Perhiptani ini, dapat berperan aktif dan bersinergi dengan pemerintah dalam melaksanakan tugasnya.

“Kita harapan penyuluh di Perhiptani lebih dapat memberikan pendampingan kepada petani kita dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitias hasil pertanian mulai dari poses pengolahan hingga. Lebih baik bisa sampai tahap pemasaran hasil panen,” ucap Katsul.

Diakui Katsul, dengan jumlah 172 penyuluh pertanian Paser saat ini dinilai masih belum memadai untuk dapat memberikan penyuluhan kepada lebih kurang 1.800 petani Paser.

Ia berharap jumlah penyuluh, secara bertahap dapat ditambah dan dengan keterbatasan jumlahnya saat ini, diharap penyuluh dapat secara optimal memberikan pendampingan kepada petani.

Sementara Ketua Perhiptani Paser Amiruddin Ahmad berpesan kepada para penyuluh untuk terus mengembangkan sumber daya manusia di era milenial saat ini.

“Harapa kami para penyuluh terus mengembangkan sdm karena saat ini petani sudah mampu menggunakan teknologi. Jangan sampai penyuluh tidak dibekali kemampuan teknologi, karena ini erat kaitannya dengan kesuksesan pertaian di Kabupaten Paser,” kata Amiruddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Akan ditingkatkan, Indeks Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik di Paser Masih Rendah

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Bidang Aplikasi pada Dinas Komunikasi Informa…