Kabupaten Paser Perlu Tingkatkan Kerjasama Daerah Untuk Kemajuan Pembangunan

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Sebagai daerah yang sedang berkembang, Kabupaten Paser dinilai perlu meningkatkan kerjasama di berbagai bidang dengan daerah lain di Indonesia.

Kasubag Humas dan Kerjasama pada Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Abdul Kadir mengatakan untuk mewujudkan hal itu diperlukan wawasan dan pengetahuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang membidanginya.

“Salah satunya dengan bimbingaan teknis, agar ASN yang membidangi kerjasama memiliki wawasan yang memadai,” kata Kadir di Tanah Grogot, Sabtu (26/10).

Sebelumnya, lanjut Kadir, ASN Paser yang membidangi urusan kerjasama telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digagas Pemprov Kaltim di Balikpapan, kemarin (25/10).

“Kegiatan itu diikuti ASN se-Kaltim. Dari Paser saya dan seorang staf analis kerja sama,” ucapnya.

Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi kerja sama, baik itu yang berkaitan dengan kerjasama antar daerah dan kerjasama dengan pihak ketiga.

Adapun kerja sama dengan luar negeri, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2018 menurut Kadir juga perlu diketahui ASN Paser yang membidangi kerjasama meski saat ini belum masuk dalam prioritas pembangunan.

Meski demikian, Kabupaten Paser teratat pernah melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan dengan Negara Bagian Victoria, Australia, yaitu tahun 2011-2013.

Saat itu Pemkab Paser dan Victoria melaksanakan pertukaran guru dan siswa. Kemudian pada 2015 ada kerja sama antara SMK Negeri 2 Tanah Grogot dengan SMK di Thailand, juga tentang pertukaran pelajar. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *