BALANGAN, Gerbangkaltim.com – Satgas TMMD ke 106 terus berikan penyuluhan dalam program non fisik, kali ini sosialisasi tentang Cegah Tangkal Faham Radikalisme di berikan mulai dari anak-anak hingga orang tua, bertempat di halaman kantor desa Binuang santang, minggu (27/10/2019)

Malam yang gelap tidak menyurutkan antosiasme masyarakat dalam mengikuti penyuluhan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif sehingga tidak terpapar faham radikalisme.

Melalui kegiatan pembinaan cegah tangkal radikalisme/separatisme, kita perkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme/separatisme dalam rangka mewujudkan alat juang pertahanan yang tangguh, demikian di sampaikan Danramil 02 Paringin Kapten Inf. Tajudin Noor saat mengisi acara penyuluhan tersebut.

Gerakan kelompok faham radikalisme bertentangan dengan dasar negara Pancasila. Gerakan itu, merupakan paham radikal yang menggunakan kekerasan demi mencapai tujuan perjuangan mereka,” tambahnya.

Seperti yang kita ketahui sejarah gerakan komunis di Indonesia yang identik dengan faham radikalisme, menunjukkan bahwa dalam melancarkan gerakannya mereka melakukannya secara infiltrasi dan insurgensi dengan kekerasan memanfaatkan anak-anak muda dan wanita serta mendekati tokoh-tokoh agama. Melakukan berbagai macam cara walau dengan kekerasan sekalipun.

Untuk itu “Kepada anak-anak dan orang tua sekalian untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan akan adanya bahaya faham radikalisme dengan melakukan strategi pencegahan dan penanggulangan maka kami satgas TMMD 106 Kodim 1001/Amt-Blg sangat penting mengadakan sosialisasi seperti ini”, ujar Tajudin Noor.

Kegiatan ini dihadiri Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Babinsa Koramil Halong dan warga desa Binuang santang sebanyak 145 orang.
Pendam VI/Mlw