Kodam Mulawarman Peringati Sumpah Pemuda ke-91

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Makodam VI/Mllw pada hari Senin (28/10) dilaksanakan tepat pukul 07.00 Wita. Bertindak Inpektur Upacara adalah Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto dan diikuti seluruh anggota Makodam VI/Mlw dari mulai para perwira hingga Tamtama serta PNS dilingkungan Makodam. Sedangkan tema pada Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini “BERSATU KITA MAJU”.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Pangdam VI/Mlw menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan tersebut Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino menambahkan,”Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda yaitu pertama diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi. Kedua kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, dan Ketiga karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional”.
Pendam VI/Mlw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *