TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Wakil Bupati (Wabup) Paser Kaharuddin mengajak kepada pemuda di daerah itu untuk bangkit memajukan bangsa di tengah derasnya arus globalisasi dan teknologi informasi.

‘’Moment ini adalah kebangkitan untuk seluruh pemuda dan juga sebagai momentum dalam persatuan pemuda dalam memajukan bangasa dan negara,” kata Kaharuddin saat memimpin upacara HUT ke-91 Sumpah Pemuda di halaman kantor Bupati, Senin (28/10).

Sumpah pemuda yang digaungkan pada 28 Oktober 1928 kata Kaharuddin sebagai momen yang bersejarah dan menjadi cambuk bagi pemuda saat ini untuk berbuat banyak bagi bangsa dan negara.

Pemuda lanjut ia, memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa dan pembangunan daerah.

Di tengah arus globalisasi dan teknologi informasi saat ini, pemuda harus bisa memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif.

“Jangan manfaatkan teknologi untuk hal yang tidak bermanfaat,” ucapnya.

Menurut Kaharuddin teknologi itu ibarat dua mata pisau yang justru bisa menjerumuskan generasi muda.

“Seperti pornografi dan narkoba. Maka dari itu, pandailah dalam memanfaatkan teknologi saat ini,” ujar Kaharudin.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Paser Yusuf Sumako berharap di momen sumpah pemuda tahun ini diharap kedepan tidak ada lagi dualisme untuk organisasi pemuda KNPI.

“Di hari sumpah pemuda ini, harapannya semua pemuda bersatu. Tidak ada lagi dualisme di tubuh KNPI,” ujar Sumako.

Peringatan sumpah pemuda di Paser ini diikuti masyarakat dari berbagai elemen dan unsur Forkopimda yang menggunakan pakaian adat khas daerah masing-masing. (MC Kabupaten Paser)