Distan Paser Berikan Bantuan Benih Bawang 10 Kelompok Tani

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Paser pada tahun 2019 memberikan bantuan benih bawang merah kepada 10 kelompok tani yang tersebar di 4 kecamatan di daerah itu.

“Bantuan benih bawang merah tahun ini di Kecamatan Muara Komam, Batu Engau dan Batu Sopang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Distan Paser Yusuf di Tanah Grogot, Rabu (30/10).

Di Kecamatan Muara Komam, kata Yusuf terdapat 3 kelompok tani yang mendapatkan bantuan yakni kelompok tani Sinar Jaya, Duyun Sejahtera, dan kelompok tani Mekar Berkembang.

“Total lahan yang dikembangkan di Muara Komam ada 8 hektare,” ucap Yusuf.

Sementara di Kecamatan Batu Engau, lanjut ia, terdapat 5 kelompok yang mendapat bantuan yakni kelompok tani Tunas Inti, Tunas Baru, Sabar Subur, Petangis Jaya, dan kelompok Tani Mulya Tunas.

“Totalnya 7 hektare,” ujar Yusuf.

Selebihnya yakni 1 kelompok Anum Hortikultura di Kecamatan Batu Sopang, dengan luas lahan 2 hektare. Dan kelompok Barokah di Kecamatan Kuaro dengan luas lahan 3 hektare.

“Jadi total luas lahan yang mengembangkan bawang merah ada 20 hektare,” ujar Yusuf.

Setiap kelompok mendapat bantuan berdasarkan luas lahan yang digarap. Distan Paser memberikan bantuan Rp 30 juta untuk 1 hektare lahan yang dikembangkan.

Yusuf berharap dengan bantuan tersebut dapat membantu para petani dalam mengembangkan komoditas bawang merah.

“Harapannya, Paser menjadi sentra produksi bawang merah. Karena selama ini bawang merah masih didatangkan dari luar daerah,” ucap Yusuf. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *