TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Ribuan warga di Kecamatan Muara Komam mengikuti pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang dilakukan dengan jemput bola atau mendatangi langsung ke lapangan, oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser, di kantor Kelurahan Muara Komam, Rabu (30/10).

Mereka mengikuti pelayanan pembuatan Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK) hingga pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Mewakili Bupati Paser, Staf Ahli Bidang Kesra Boy Susanto mengatakan kegiatan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) dengan sistem jemput bola ini cukup efektif.

“Dengan sistem seperti ini cukup efektif. Kegiatan ini mampu meningkatakan kesadaran masyarakat untuk peduli melengkapi dokumen adminduk,” kata Boy Susanto.

Dengan kehadiran pelayanan Disdukcapil langsung ke tingkat kelurahan dan kecamatan menurut Boy, akan membawa dampak positif dalam administrasi kependudukan.

“Pelayanan adminduk antusias diikuti masyarakat. Kedepan pelayanan seperti ini terus dilakukan,” kata Boy.

Boy menerangkan saat ini pemerintah tengah gencar menyuskeskan progam Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

“Jika masyarakat sudah punya dokumen lengkap, maka akan mempermudah pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Harapannya semua pihak mendukung program GISA ini,” ungkap Boy.

Camat Muara Komam Abdul Rasyid merasa bersyukur dengan pelayanan yang dilakukan Disdukcapil. Ia berharap pelayanan serupa dapat rutin dilakukan, paling tidak satu tahun sekali.

Pada kegiatan tersebut, Kelurahan Muara Komam ditetapkan sebagai Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan, karena terlihat dari antusime masyarakat dalam kepengurusan adminduk-nya.

Pada kegiatan itu juga diilakukan juga penyerahan kartu keluarga, akta kelahiran dan kartu identitas anak secara simbolis kepada salah satu warga.

Penyerahan dokumen akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas anak diserahkan secara simbolis kepada sejumlah warga. (MC Kominfo Paser)