TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kelompok guru di Paser yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MPGMP) Bahasa Indonesia menggelar berbagai jenis lomba guna meningkatkan literasi atau budaya membacara para pelajar.

Kegiatan yang berlangsung selama dua sejak 29 Oktober 2019 ini dilaksanakan di dua tempat yakni SMP 2 dan SMP 5 Tanah Grogot.
Berbagai lomba yang dilaksanakan diantaranya lomba membuat puisi, cerpen, pantun dan esai. Selain itu ada juga lomba pidato Bahasa Indonesia dan lomba mendongeng. Lomba ini diikuti ratusan pelajar dari 33 sekolah tangka SMP di Paser.

“Harapan kami dengan lomba ini, pelajar memiliki budaya literasi atau budaya membaca,” kata ketua panitia Rahman Arif.

Lomba tersebut lanjut Arif digelar dalam rangka memperingati bulan bahasa dan sumpah pemuda tahun 2019.

Lomba bulan bahasa tersebut kata Arif mengusung tema “melalui bulan bahasa, kita tingkatkan literasi demi generasi yang kreatif, inovatif, dan mandiri.”

“Kegiatan ini juga untuk mencari bakat siswa berpotensi dan berprestasi untuk mengikuti Festival Literasi Sekolah tahun 2020,” ujar Arif.

Arif mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut baik dukungan moril dan materil.

“Kegiatan ini pula diharapkan dapat menjadi ajang tahunan untuk meningkatkan gerakan literasi nasional bagi pelajar, khususnya pelajar SMP,” ucap Arif. (Jya)