TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit Pusat akan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya Tanah Grogot pada Rabu (6/11) mendatang.

Direktur RSUD Panglima Sebaya Tanah Grogot dr. Ida Bagus Ngurah Eka Wesnawan mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka penilaian akreditasi RSUD Panglima Sebaya.

“Kunjungan tim akreditasi ketiga kalinya sejak ditetapkannya RSUD panglima sebagai satu-satunya RS yang mendapatkan Predikat Paripurna di Kabupaten Paser, ” kata Dirut RSUD Panglima Sebaya dr. Ida Bagus Ngurah Eka Wesnawa di Tanah Grogot. Senin (4/10).

Rumah sakit yang telah terakreditasi kata Eka akan mendapat pengakuan dari pemerintah karena keberadaanya yang telah memenuhi standar baik itu kualitas pelayanan dan sarana dan prasarana.

“Sudah sesuai dengan standar, layanan dengan mengutamakan keselamatan pasien, kualitas dan kenyamanan saat berada di rumah sakit hal perioritas kami, ” tutur Eka.

Namun ia mengakui masih terdapat kekurangan yang perlu dibenahi sehingga RSUD dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Untuk itu, kami terima masukan dan saran masyarakat. saat ini kami memiliki bagian keluhan pelanggan sehingga dapat memberikan informasi ke unit atau bagian terkait,” kata Eka.

Untuk mewujudkan pelayanan yang prima lanjut Eka, diperlukannya kesinambungan pelengkapan dokumen akreditasi , pemantauan secara berkala oleh tim akreditas.

“Tujuan akreditasi tidak lain adalah patient safety atau keselamatan pasien. Ini semua perlu pengawasan secara berlanjut olet tim penilai akreditasi,” ucap Eka.

Saat ini kata Eka pihaknya telah menyiapkan dokumen penilaian akreditasi yang dibutuhkan.

“Sudah 99 persen persiapannya,” katanya.

Dengan terbentuknya Unit dan Instalasi Baru yaitu Public Relation (Hubungan Masyarakat) dansub unit yang ada seperti Sub unit Informasi dan data, Pangaduan keluhan Masyarakat dan pemasaran, Eka meyakini RSUD Panglima Sebaya dapat memperoleh akreditasi paripurna. (MC Kominfo Paser)