Artikel - November 9, 2019

Teknologi Dibalik Pelumas Pertamina , Production Unit Gresik (PUG)

GRESIK, Gerbangkaltim.com – Sejak tahun 1957, Pertamina sudah memproduksi pelumas dalam bentuk lithos dan curah kepada masyarakat Indonesia. Tentunya, pada waktu tersebut sampai saat ini, kualitas menjadi faktor nomor satu dalam setiap pembuatan pelumas Pertamina, yang sudah memenuhi standar dan mutu internasional dan telah diakui oleh institusi dan pabrikan mobil dunia.

Kualitas pelumas terdiri dari bahan baku yakni base oil dan aditif serta proses blending di dalam Lube Oil Blending Plant (LOBP). Kini Pertamina Lubricants sudah mengoperasikan empat LOBP, salah satunya adalah Production Unit Gresik (PUG) di Jawa Timur. Seluruh sarana fasilitas produksi yang digunakan berteknologi modern dan full automation, teknolgi terbaru yang didukung dengan Research & Development (R&D) yang mumpuni merupakan kunci kesuksesan Pelumas Pertamina dalam mengantisipasi persaingan pasar yang kian pesat dan memproduksi pelumas yang sesuai dengan berbagai kondisi mesin serta perkembangan tren teknologi otomotif dan industri.

PUG beroperasi sejak tahun 2008 dan memiliki kapasitas sebesar 140.000 KL / tahun untuk LOBP (Lube Oil Base Plant) dan 9.000 MT/Tahun untuk Visco Modifier (VM) Plant. PUG didukung dengan teknologi modern antara lain Automatic Batch Blending, In-Line Blending Pigging System, Automatic Piggable Manifold, serta didukung oleh Full Automated Filling Machine untuk lithos, drum dan bulk filling. Berbagai fasilitas pendukung antara lain Piggable Marine Loading (Tanker Facilities), storage facilities sebanyak 12 Base Oil Tanks, 12 Additive Tanks, 10 Mini Bulk Talks dan LAWS dan Kerosene Tanks, serta Lubcel Process Control Room yang menggabungkan kemampung memantau batch Pelumas secara real-time.

Saat ini PUG mendistribusikan produk ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk Kalimantan, Sulawesi Maluku, Papua, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Kualitas Pelumas Pertamina

Finished produk akan dites kembali di laboratorium pengujian oli. Sample akan diambil dan diuji seluruh komponen dan performanya. PUG dan pabrik lainnya dilengkapi dengan laboratorium produk yang digunakan untuk menguji pelumas Pertamina yang akan dipasarkan yang merupakan satu-satunya perusahaan pelumas di Indonesia yang memiliki laboratorium uji oli tersendiri.

Standar produksi dan produk sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Standar Internasional ISO 9001 : 2015, ISO 14001 : 2015, dan ISO/IEC 17025 : 2008.
Formula pelumas mengacu pada standar American Petroleum Institute (API) dan telah mencapai standar tertinggi API-SN untuk Passanger Car Motor Oil dan API-CJ untuk Commersial Diesel Oil. Pelumas Pertamina juga telah mendapatkan pengakuan dari berbagai OEM meliputi Toyota, Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Hino, Volvo, Mercedes Benz, BMW dan masih banyak lagi.

Pengujian Formula Pelumas

Sebelum produk dapat diolah dan di produksi dalam pabrik, Pertamina Lubricants telebih dahulu meracik formula pelumas. Hal tersebut dilakukan oleh tim product development.

Pertamina lubricants terus berupaya untuk menghasilkan pelumas secara ekonomis, menguntungkan dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga harus melalui riset yang teliti dan melakukan pengujian berjengjang untuk menghasilkan produk yang unggul.

Dalam meracik formula, terdapat sedikitnya belasan macam pengujian laboratorium termasuk analisa struktur, molekul, sifat fisika dan kimia serta kemurnian bahan baku. Setelah menemukan formula, pelumas lalu memasuki tahan pengujian.

Tahapan pengujian meliputi bench test, uji mesin dan uji lapangan. Uji mesin dilakukan di Jepang, Eropa dan Amerika juga dilakukan secara internal di Pertamina Lubricants. Pengujian internal ini disesuaikan dengan populasi mesin dan kondisi real di Indonesia. Lalu uji mesin merupakan pengujian oli secara real menggunakan mesin-mesin bervariasi, yang dapat dioperasikan secara normal atau dalam kondisi ekstrim.

Pertamina Lubricants berkomitmen untuk tidak hanya sekedar mengaduk bahan baku dan pengemasnya, tetapi semua proses produksi sampai pada tahan distribusi ke konsumen telah melalui uji kualitas berstandar dunia, menawarkan produk berbasis teknologi modern dan riset dan yang komprehensif.

Tentang PT Pertamina Lubricants

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri serta base oil untuk pasar domestik dan internasional yang tersebar di Asia, Afrika, dan Australia. Pertamina Lubricants mengoperasikan 3 unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta serta 1 unit produksi di Thailand dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter per tahun. Produk Pelumas Pertamina telah mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional, salah satunya dibuktikan dengan menjadi technical partner Automobili Lamborghini.

Dengan kerjasama ini, produk pelumas Pertamina Fastron Platinum, SAE 10W-60, VW 504.00/507.00 menjadi produk resmi yang akan digunakan Automobili Lamborghini untuk setiap event motorsport yang akan ditangani tim Lamborghini Squadra Corse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

OPD Paser Harus Berinovasi Dalam Melayani Masyarakat

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Asisten Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Arief Rahm…