Pemda Kabupaten Paser - November 11, 2019

Kesbangpol Paser Tahun 2020 Menjadi Badan

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memiliki peran dan tanggunjawab yang besar dalam membantu menjaga stabilitas keamanan di daerah.

Bersama aparat kemanan yakni Polri dan TNI, Kesbangpol dituntut memiliki peran aktif dalam memperkuat kondisi keamanan.

“Kesbangpol memiliki peran penting dalam memperkuat kondisi keamanan. Tanggungjawab yang besar itu harus disertai dengan kemampuan organisasinya,” ucap Katsul Wijaya di Tanah Grogot, Senin (11/11).

Katsul mengatakan dalam memperkuat peran Kesbangpol, Pemkab Paser pada tahun 2020 akan meningkatkan struktur organisasinya yakni perubahan pimpinan yang sebelumnya dijabatan eselon III, akan diduduki pejabat eselon II.

“Karena itu memang tuntutan dan arahan dari pemerintah pusat bahwa Kesbangpol harus dipimpin seorang pejabat eselon II. Makanya kita naikkan eselonnya, dari sebelumnya yang dipegang eselon III,” jelas Katsul.

Pertimbangan itu kata Katsul dikarenakan kepala Kesbangpol memiliki fungsi yang salah satunya koordinasi dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Kapolres, Dandim, dan Pengadilan Negeri.

“Karena terkait fungsi koordinasi dengan Forkopimda,” ujar Katsul.

Katsul menerangkan, Kesebangpol memiliki tugas, membantu Bupati dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang Kesatuan bangsa dan politik.

“Yakni dalam hal pembinaan ideologi Pancasila, wawasan kebangsaan, membina kerukunan, penyelenggaraan politik Dalam Negeri, fasilitasi ormas dan menangani konflik sosial,” jelas Katsul.

Melihat besarnya beban tugas itulah kata Katsul yang membuat Kesbangpol harus dipimpin oleh seorang pejabat eselon II.

Selain itu, tuntutan pemerintah pusat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 11 Tahun 2019, mengharuskan kesebangpol berbentuk Badan.

Kepala Kesebangpol Paser M. Tauhid mengatakan di Kaltim, terdapat 3 kabupaten yang kantor Kesbangpol-nya masih dipegang pejabat eselon III.

“Balikpapan, Mahakam Hulu, dan Paser,” kata Tauhid.

Ia menambah, dengan perubahan menjadi Badan, Kesbangpol dinilai akan lebih siap dalam menghadapi tantangan dan tanggungjawab persoalan masyarakat yang semakin kompleks.

“Memang kedepan, akan lebih siap menghadapi permasalahan masyarakat yang lebih kompleks,” ucap Tauhid. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Siswa SD Tanah Priuk Tenggelam Di Sungai Kandilo

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Seorang siswa Sekolah Dasar Negeri 019 Tanah Priuk, …