Kampung Kangkung, Destinasi Wisata Baru di Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Jika anda berkunjung ke Balikpapan, destinasi satu ini bisa menjadi pilihan. Bukan karena tempatnya yang banyak permainan anak layaknya di pusat perbelanjaan, destinasi baru di RT 40 Jalan Sumber Rejo II, Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan ini menyajikan hal yang berbeda.

Areal seluas 1,7 hektare ini adalah hamparan kangkung yang ditanam dengan baik oleh warga setempat. Selain menjadi tujuan wisata pertanian, tempat ini juga menjadi destinasi edukasi anak.

Seperti yang dilakukan 80 siswa TK Islam Al-Aulya Balikpapan, yang berkunjung ke lokasi ini Selasa (12/11) lalu. Sambil melihat proses tanam, para siswa juga diedukasi akan pentingnya mengkonsumsi sayuran khas Indonesia ini.

Jika mengunjungi destinasi ini, ternyata pengunjung dapat melihat proses tanam sawi hidroponik serta pembuatan toge.

Ketua RT 40 Haryoto Sujono mengatakan, hampir tidak ada tantangan dan hambatan dalam membudidaya tanaman ini. Pekerjaan ini berkat kegigihan para petani yang tergabung dalam kelompok Tani Bumi Subur.

 “Tidak ada hambatan. Kecuali di musim kemarau yang memerlukan air,” katanya.

Sementara Lurah Sumber Umar Adi mengatakan kampung ini terbentuk karena melihat potensi yang besar. Sehingga dibentuklah kampung kangkung. “Selain sebagai destinasi wisata, ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Camat Balikpapan Tengah, Edi Gunawan mengugkapkan saat ini destinasi wisata tersebut semakin hari semakin berbenah. Ia mengaku mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Balikpapan untuk mengembangkan destinasi wisata baru ini.

“Dari Pemkot ada dukungan. Ada pembangunan fasilitas terutama pembangunan akses jalan,” ujarnya. (mh/jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Seorang Pria di Paser Ditemukan Kaku Tak Bernyawa

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Seorang pria berusia 49 tahun bernama Muhammadiyah d…