Dinkes Paser Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Pancaroba

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang rentan terjadi di musim pancaroba atau peralihan kemarau ke musim penghujan.

di peralihan musim ini masyarakat diminta senantiasa menjaga pola hidup sehat, bersih, dan beristirahat cukup.

“Masyarakat harus selalu menjaga pola hidup sehat. Istirahat yang cukup,” kata Kepala Dinkes Paser Amir Faisol di Tanah Grogot, Kamis (14/11).

Saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan ini masyarakat rentan terserang penyakit dikarenakan menurunnya daya tahan tubuh. Seperti penyakit influenza dan gangguan pencernaan.

Akibat penurunan daya tahan tubuh, di musim pancaroba ini masyarakat lebih rentan terserang penyakit infeksi.

Amir mengatakan penyakit yang kadang muncul saat pancaroba disebabkan oleh virus, sehingga masyarakat harus sigap dalam penanganan penyakit.

“Masyarakat juga harus mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD,” ucapnya.

Di musim hujan, memungkinkan adanya genangan air yang menjadi sarang nyamuk aedes aegypti

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu melaksanaka 3M yakni menguras tempat penampungan air atau bak mandi, kemudian menutupnya, dan menimbun benda yang dapat menampung hujan.

Dinkes Paser mengimbau masyarakat dapat memerhatikan peringatan ini sebagai bentuk pencegahan sebelum terserang penyakit

Masyarakat juga diminta segera langsung ke puskesmas terdekat bila mengalami demam tinggi lebih dari 3 hari , sehingga mendapatkan penanganan yang cepat. Karena kemungkinan itu gejala DBD. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *