Optimalkan Program KB Untuk Menekan Pertumbuhan Penduduk

Oleh Siti Rofiah *

Informasi mengenai jumlah penduduk untuk wilayah Kabupaten Paser pada suatu waktu tertentu dibutuhkan dalam perencanaan program dan penentuan kebijakan wilayah tersebut. Penduduk Kabupaten Paser saat ini cukup padat karena banyaknya jumlah kelahiran yang terus meningkat.

Dengan jumlah kelahiran yang terus meningkat menjadi salah satu penyebab banyaknya pengangguran serta sempitnya wilayah. Dengan semakin banyaknya pengangguran otomatis banyak pula akan tindakan kriminalitas seperti maling, copet, begal dan lain sebagainya di Kabupaten Paser.

Adapun data penduduk dan pertumbuhan penduduk yang cukup cepat dikabupaten paser dan perbandingannya dengan daerah lain. Adapun gambar sebagai berikut:

Berdasarkan gambar diatas dapat kita simpulkan bahwa kecepatan penduduk didaerah paser cukuplah tinggi. Oleh karna itu kita sebagai penduduk di Kabupaten Paser harus mengendalikan dan menekan jumlah penduduk. Jika kecepatan penduduk ini semakin hari semakin meningkat maka akan ada timbulnya banyak tindakan kekerasan atau tindakan kriminalitas.

Kenapa bisa terjadi seperti itu karena jika semakin banyak penduduk dalam suatu wilayah maka akan semakin juga tingkat pengangguran.

Agar jumlah kelahiran atau jumlah percepatan penduduk diminimalisirkan maka pemerintah mengadakan program KB ( Keluarga Berencana). Dengan adanya program KB tersebut maka daerah kabupaten paser dapat meminimalisir lajunya jumlah pertumbuhan penduduk.

Dengan maminimalisir laju pertumbuhan penduduk dikabupaten paser maka jumlah pengangguran dan tindak kekerasan atau tindak kriminalitas akan berkurang. Dengan berkurangnya tindak kriminalitas maka masyarakat di Kabupaten Paser akan merasa aman dan damai.

Dengan menjujung tinggi program KB hidup mayarakat kabupaten paser bisa lebih sejahtera lagi ( Dua Anak Lebih baik).

*Penulis adalah mahasiswi Universitas Terbuka Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *