BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kota Balikpapan menjadi tuan rumah turnamen Asian School Football Championship (ASFC) u-18 atau piala pelajar asia, yang diikuti 10 tim dari berbagai negara seperti Korea Selata, Iran, China, Thailand, Singapore, India, Malasia, Sri Lanka, Brunei Darussalam dan Indonesia. Kementerian Pemuda Olahraga menunjuk Stadion Batakan Balikpapan untuk menggelar turnamen yang sudah berlangsung selama 47 tahun ini.

Pembukaan ASFC diawali dengan parade tim–tim yang akan berlaga, dilanjutkan dengan pagelaran tari nusantara. Sekitar 20.000 pelajar dan warga Balikpapan menyaksikan pembukaan ini.

Turnamen ini bukan event yang digelar Fifa ataupun AFC maupun PSSI. Turnamen ini merupakan agenda negara-negara yang tergabung dalam Asosiasi Sepak Bola Pelajar Asia.

Kejuaraan ASFC ini resmi dibuka Deputi IV Kemenpora Raden Isnanta. Hadir Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud dan Ketua Panitia pelaksana Saiful Bahri.

Deputi IV Kemenpora Raden Isnanta mengatakan selama 47 tahun turnamen ini digelar, Indonesia hanya 6 kali juara. “Tahun ini targetnya tim Indonesia bisa masuk final dan juara karena sudah 23 tahun pelajar indonesia belum pernah juara,” katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud mengatakan ASFC 2019 dilaksanakan di Balikpapan ini menunjukan kebangkitan persepakbolaan di Balikpapan.

Rahmad mengingatkan warga Balikpapan untuk tetap menjaga kondusifitas kota terutama selama menjadi tuan rumah ASFC 2019 ini. (mh/gk)