Pemindahan IKN ke Penajam, Bapenas Kunjungi Paser

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) mengunjungi Kabupaten Paser dengan menggelar rapat dalam rangka kajian aspek pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di ruang rapat Sadurengas Rabu (20/11).

Kepala Bidang Perencanaan Bappenas Joni Juanda mengatakan tujuan kedatangan timnya ke Paser untuk mengidentifikasi dan mendalami isu-isu tematik terkait aspek sosial, budaya dan ekonomi.

“Ini sebagai sebagai dasar kami untuk membuat kajian dari segi sosial ekonomi dan budaya,” kata Joni Juanda.

Joni mengatakan sebagai wilayah terdekat dengan calon IKN, Kabupaten Paser memiliki peranan langsung dalam mendukung ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Karena Kabupaten Paser terdekat dekat dengan Penajam, jadi keterlibatan masyarakat lokal itu sangat penting untuk mendukung pembangunan ibu kota,” ungap Joni.

Sementara itu Sekretaris Dareah Paser Katsul Wijaya mengatakan pihaknya bersama seluruh OPD telah memberikan aspek mana saja yang perlu diperhatikan dalam Pembangunan sosial dan Budaya terkait pemindahan IKN ini.

“Kami sudah sampaikan seluruh aspek-aspek yang dibutuhkan Tim Bapenas untuk kesiapan IKN,” kata Katsul Wijaya,

Keberadaan IKN di Kaltim, khususnya Kabupaten PPP, tentu akan berdampak pada perekonomian dan pembangunan masyarakat Kabupaten Paser.

“Semoga pemindahan IKN akan berdampak signifikan terhadap pembangunan di Paser,” ujar Katsul. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *