Meriah, Bandara SAMS Sepinggan Gelar Borneo Fair 2019

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Dalam meningkatkan pelayanan serta memeriahkan Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November 2019, PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan selenggarakan kegiatan Festival Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM), Lomba Mewarnai, Fashion Show, Tarian Daerah Umum dan Tarian Daerah Junior yang dikemas dalam acara Borneo Fair 2019.

Dalam Festival Borneo Fair ini diramaikan dengan berbagai kuliner yang berasal dari 34 mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan.

Farid Indra Nugraha, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam sambutannya mengatakan “Untuk kedua kalinya tahun ini dilaksanakan kegiatan Borneo Fair 2019 yang melibatkan kerjasama antara Paguyuban Bangkirai bersama PT Angkasa Pura I (Persero) dengan berbagai kegiatan menarik”.

“Kegiatan tersebut sebagai ajang promosi bagi pelaku UMKM, melihat kegiatan ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi khususnya di Balikpapan, untuk itu kedepannya bisa menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dekranasda bersinergi BUMN yang bisa mematangkan program UMKM”.

Lebih lanjut Farid mengenai dilaksanakannya kegiatan Borneo Fair 2019 tersebut “Saya merasa berbangga komitmen kami bisa terlibat didalamnya untuk meningkatkan perekonomian di Balikpapan melalui UMKM, karena justru UMKM yang dapat menopang perekonomian dilevel menengah kebawah”, kata Farid.

Mengenai berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Borneo Fair 2019 Farid mengungkapkan “Tiga hari kedepan kita akan gelar berbagai kegiatan untuk anak-anak seperti Lomba Mewarnai, Fashion Show, Tarian Daerah Umum dan Tarian Daerah Junior, sekaligus juga memperingati Hari Anak Sedunia”.

Farid menambahkan “Rencana kedepannya kegiatan semacam ini, kami akan menggelar setiap 3 bulan sekali dengan mengundang seluruh BUMN yang ada di Balikpapan, disamping itu kita bisa mengevaluasi UMKM kami terkait produk-produk yang dihasilkan karena diketahui sekitar 90 UMKM yang telah bekerjasama dengan PT Angkasa Pura I (Persero)”.

Borneo Fair 2019 turut dihadiri oleh Jumali selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan yang mewakili Wali Kota Balikpapan sekaligus membuka acara tersebut mengatakan “Sebagai suatu sarana strategis mendorong pelaku UMKM khususnya berada dalam binaan PT Angkasa Pura I (Persero) untuk mempromosikan produknya agar lebih dikenal masyarakat luas”.

“Perlu saya sampaikan sektor usaha UMKM dapat menurunkan angka pengangguran khususnya di Balikpapan yakni menyerap 39.000 tenaga kerja sebagai potensi UMKM”.

Jumali diakhir sambutannya berharap “Bagi pelaku UMKM dapat berbenah agar lebih kreatif dan lebih aktif, untuk itu dengan kegiatan Borneo Fair 2019 bisa menjadi jembatan peningkatan UMKM, sebagai bentuk sinergi BUMN dengan Pemerintah Kota Balikpapan”.

Sebagai informasi, kegiatan Borneo Fair yang lalu dilaksanakan pada bulan Februari 2019 melibatkan 20 UMKM saja, namun terdapat peningkatan pada Borneo Fair kali ini menjadi 34 UMKM yang digelar mulai 20 – 26 November 2019 bertempat di Area Atrium Kedatangan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *