BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Sholawat Sa’duna Mbah Moen, iringi Tabligh Akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di rumah pribadi Wawali Balikpapan H Rahmad Masud, Rabu (20/11/19).

Tabligh Akbar yang dihadiri ribuan warga ini diisi tausyiah kiyai kondang asal Yogyakarta, Gus Muwafiq.

Sebelum Gus Muwafiq memulai ceramahnya, acara ini diramaikan dengan lantunan-lantunan sholawat yang dikumandangkan oleh Lesbumi yang berkolaborasi dengan Barisan Santri Milenial (BSM) Kota Balikpapan.

Salah satu sholawat yang dikumandangkan merupakan sholawat yang disukai dan paling sering dilantunkan oleh alm. KH. Maimun Zubair atau yang lebih dikenal Mbah Moen semasa hidupnya. Selain itu juga ada sholawat-sholawat lain seperti tembang Jowo Lir-Ilir.

Dalam tausyiahnya, Gus Muwafiq menyampaikan tentang Islam nusntara, termasuk bagaimana Indonesia lahir yang dimulai dari kerajaan Kutai Kerta Negara, hingga kejayaan Mataram, singosari, Sriwijaya dan Majapahit sampai penyebaran Islam oleh 9 wali.

Sementara itu Wakil Walikota Balikpapan, H Rahmad Masud mengatakan, keluarga besarnya sengaja mendatangkan Gus Muwafiq sebagai penceramah.

“Agar umat muslim kota Balikpapan bisa mencontoh sauri tauladan Rasulullah SAW dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjaga persatuan dan kesatuan,”ujar.

Rahmad menambahkan, dalam tusyiahnya Gus Muwafiq menyatakan bangsa Arab banyak negaranya sedangkan Indonesia berbangsa bangsa namun hanya satu negara. “Bahkan dari seluruh negara di dunia yang di kunjungi Gus Muwafiq, Negara Indonesia yang paling indah di dunia,” ujar Wawali. (mh/gk)