Oleh : Sania*


Masalah dalam pelaksanaan CBT seperti, Masalah Digital Divide Pelaksanaan UNBK tidak merata diseluruh sekolah-sekolah, terkait masalah infrastruktur yang belum memadai.Masalah jaringan internet yang memiliki kecepatan berbeda-beda di tiap daerah.Menjadi beban tambahan bagi siswa yang belum terbiasa menggunakan komputer.Masalah Umum Berbagai masalah teknis masih terjadi, misalnya: komputer server (beberapa komputer tiba-tiba log out secara bersamaan),komputer client (komputer client yang lambat sehingga untuk scroll halaman menuju soal berikutnya memakan waktu),berbagai gangguan teknis komputer baik software dan hardware lainnya (virus komputer, pop up browser yang sering muncul), dan listrik yang padam atau tegangan yang turun.Kendala dari pemanfaatan teknologi ini, karena ada beberapa masyarakat ataupun orang tua yang belum setuju perihal tersebut. Mereka menganggap CBT akan membebankan siswa, terutama pada siswa yang belum lancar dalam masalah teknologi (gaptek).

CBT UN atau resminya disebut sebagai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. … Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
Solusi yang dapat diambil ialah pemerintah harus memberikan Divide secara merata ke seluruh sekolah-sekolah, memberikan infrastruktur yang memadai, memberikan jaringan internetyang memiliki kecepatan yang kuat dan memadai untuk melaksanakan ujian.

Memberikan pengetahuan terhadap penggunaan komputer, komputer yang digunakan harus sesuai standart nasional, memberikan listrik yang sesuai agar tidak terjadi sebuah masalah teknis seperti pemadaman listrik, dan memberikan pemahaman terhadap orang tua tentang ujian berbasis komputer. Padahal, dengan itu mereka akan termotivasi untuk lebih mendalami teknologi seperti komputer, karena pada dasarnya saat ini banyak sekali tes-tes yang menggunakan CBT.

*Penulis adalah mahasiswa ilmu pemerintahan universitas terbuka tanah grogot.