Peringati Hari Armada Ke-60, Lanal Balikpapan Gelar Naval Base Day

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Memperingati Hari Armada RI ke-60 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2019 mendatang, Lanal Balikpapan menggelar acara Naval Base Open Day dengan melaksanakan Open Ship danb Joy Sailing serta Pameran di Dermaga Pelabuhan Laut Semayang Balikpapan, Selasa (26/11/19).

Open Ship dilaksanakan di KRI Yos Sudarso 353 yang sandar di pelabuhan Semayang Balikpapan, dimana warga dan pelajar diberikan kesempatan naik ke atas kapal perang dan melihat perlengkapannya.

Pelajar Kelas 11 SMA Negeri 1 Balikpapan, Rachel mengangkut senang melihat KRI dan Pameran TNI Al ini. “Terakhir saya Liat kapal perang masih TK, sekarang liat KRI, saya sangat bangga dengan TNI AL kita,” ujarnya.

Sedangkan Guru SMAN 1 Balikpapan Dian mengatakan, siswa SMAN 1 yang datang bersamanya berjumlah 20 orang dan mereka mlsangat antusias dengan adanya kegiatan yang menurutnya dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal kapal perang.

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini, karena selama ini kami hanya melakukan kunjungan ke polisi, baru kali ini ada kesempatan untuk berkunjung ke TNI AL,” ujarnya.

Selain untuk memeriahkan Hari Armada RI ke-60 Tahun 2019 di Kota Balikpapan, KRI Yos Sudarso 353 juga memiliki tugas untuk melakukan patroli di wilayah perbatasan di kawasan Ambalat.

Di perbatasan yang membatasi wilayah laut Negara Republik Indonesia dengan Malaysia yang sempat bersengketa beberapa tahun yang lalu.

Komandan KRI Yos Sudarso 353 Kolonel Laut (P) Aminudin Albek mengatakan KRI Yos Sudarso 353 akan melanjutkan perjalanan untuk melakukan patroli di kawasan  Ambalat.

“KRI Yos Sudarso 353 merupakan kapal perang yang dilengkapi dengan fasilitas perang permukaan, anti kapal selam dan perang elektronika. Kapal ini sudah dilengkapi rudal dan torpedo, kelasnya diatas destroyer,” ujarnya.

KRI Yos Sudarso 353, kata Albek pernah diturunkan untuk membantu dalam proses pembebasan sandera dalam KM Sinar Kudus dari pembajak di Somalia.

Sementara itu masih dala rangkaian dalam kegiatan  memeriahkan Hari Armada RI ke 60 Tahun 2019 di Kota Balikpapan, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan mengajak sedikitnya 40 anak yatim dari beberapa panti asuhan di Kota Balikpapan berkeliling Teluk Balikpapan.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan Kolonel Laut (Pelaut) Wahyu Cahyono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan pengalaman tentang kapal perang Republik Indonesia kepada generasi penerus.

“Sudah lama saya rencanakan, untuk merupakan yang pertama dilakukan, tujuannya untuk menyenangkan anak-anak panti dengan membawa mereka berkeliling Teeluk Balikpapan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Wahyu berharap dapat menanamkan jiwa bahari kepada anak-anak dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

“Untuk menanamkan jiwa bahari, karena ingatan anak kecil akan terbawa sampai akhir hayat,” tegasnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *